5 TRIK CEPAT MENINGKATKAN SPEAKING SKILLS BAHASA INGGRIS

sumber: flanderstoday.

Seperti yang sudah diketahui, speaking skill Bahasa Inggris merupakan hal yang penting untuk dikuasai saat ini untuk kepentingan di masa depan. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang mana semua orang mulai dari pelajar, pekerja, maupun umum harus bisa menguasainya.

Semua skill bahasa Inggris penting untuk dikuasai. Namun, banyak orang yang menganggap speaking skill merupakan skill yang sulit untuk dikuasai. Apakah kamu juga merasakan hal tersebut? Padahal, untuk bisa berkomunikasi lisan atau interview bagi orang yang sedang melamar pekerjaan skill ini penting untuk dikuasai.

Banyak orang yang merasa tidak ada peningkatan dalam speaking skill mereka. Padahal yang namanya belajar bahasa adalah habit atau pembiasaan. Konsisten adalah kunci. Lalu bagaimana cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan speaking skill Bahasa Inggris? Artikel ini akan memaparkan 5 tips jitu yang dapat diterapkan untuk kamu! So check it out!

1. MONOLOG BERBICARA BAHASA INGGRIS SETIAP HARI

Mungkin beberapa orang akan merasa aneh dengan kegiatan ini. Namun, latihan berbicara Bahasa Inggris akan sangat efektif apabila diterapkan setiap hari untuk meningkatkan speaking skills bahasa Inggris. Kamu bisa membuat challenge latihan ini selama sebulan dan lihatlah perubahannya.

Buatlah list tema atau topik yang akan kamu bicarakan setiap hari, seperti hobi, aktivitas yang disukai, kegiatan di sekolah yang diikuti, atau lain sebagainya. Berbicaralah menghadap kaca untuk melatih kepercayaan dirimu dalam berbicara. Kamu bisa juga menceritakan kembali aktivitas yang sudah kamu lakukan pada hari itu. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan speaking skills bahasa Inggris.

2. MENDENGARKAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS SETIAP HARI

Membiasakan mendengarkan Bahasa Inggris akan membuat telinga kamu familiar dengan percakapan dan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa berlatih pronounciation dan intonasi dalam percakapan untuk meningkatkan speaking skills bahasa Inggris kamu.

Dengarkanlah hal-hal yang kamu sukai terlebih dahulu seperti mendengarkan musik Bahasa Inggris kesukaan kamu, menonton film berbahasa Inggris, maupun video-video native speaker berbicara di platform YouTube, Tik Tok, atau media lain. Saat kamu mendengarkan native speaker berbicara, lakukan metode imitasi atau menirukan cara mereka berbicara.

3. BUAT LINGKUNGANMU BERBAHASA INGGRIS

sumber: www.rbth.com

Untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam speaking skills, kamu bisa buat lingkunganmu berbahasa Inggris. Ajaklah orang-orang di sekitar kamu untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Kamu juga bisa mengajak orang-orang atau teman terdekat kamu untuk berbicara Bahasa Inggris. Jangan terlalu takut salah dengan grammar tetapi kemauan untuk speaking itu ada walaupun masih banyak kesalahan pada grammar. Hilangkan rasa malu dan percaya dirilah dalam berlatih.

4. BERLATIH SPEAKING DENGAN NATIVE SPEAKER

Banyak aplikasi di Google Play Store seperti hellotalk dan tandem yang dapat kamu unduh untuk mendapatkan teman dari berbagai negara untuk belajar Bahasa Inggris dan tentunya meningkatkan speaking skills bahasa Inggris. Kamu bisa berteman dengan native speaker Bahasa Inggris dan melakukan percakapan dengan mereka melalui video call. Walaupun berbicara speaking sendiri dengan rutin juga cukup efektif, namun kamu tetap membutuhkan seseorang yang ahli untuk mengoreksi dan memberi saran kamu dalam speaking.

Native speaker bisa mengoreksi kesalahan grammar, pengucapan, maupun intonasi yang kamu ucapkan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan saran dan pengetahuan bagaimana meningkatkan speaking english yang bagus dan natural melalui mereka. Namun tetap berhati-hati dalam berteman dengan mereka ya!

5. KONSISTEN DALAM BERLATIH

Kunci keberhasilan dalam belajar adalah konsisten. Apabila kamu bekerja sangat keras namun hal tersebut tidak dilakukan secara rutin akan menjadi sia-sia. Buatlah jadwal belajar speaking secara rutin dengan kamu sendiri maupun dengan teman. Selain itu, buatlah catatan atas progress yang telah kamu dapatkan. Catatlah kesalahan yang kamu buat dan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut seperti kesalahan pada grammar, pronounciation atau accent.

Itulah 5 tips cepat untuk meningkatkan speaking skill Bahasa Inggris. Bahasa merupakan pembiasaan, jadi untuk menjadi mahir diperlukan konsisten dan kerja keras. Seperti quote dari Bruce Lee: “Practice makes perfect”. Dari latihan rutin setiap hari, maka akan speaking skills kamu akan meningkat. Semangat mencoba dan berlatih. Good luck, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Untuk info tentang program Bahasa Inggris kunjungi

https://liayogyakarta.com/program-kursus-lia/

Untuk info tentang LIA Pusat kunjungi https://lblia.com/

KONTAK KAMI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.