10 Singkatan Gaul dalam Bahasa Inggris

10 Singkatan Gaul dalam Bahasa Inggris

Tidak bisa dipungkiri, sosmed atau sosial media kini sudah menjadi bagian dari hidup kita. Aplikasi seperti Instagram, Twitter, TikTok, Facebook, dan semacamnya selalu menemani hari-hari kita, baik di waktu senggang maupun di sela kesibukan. Tak jarang juga kita jumpai bermacam-macam penggunaan bahasa di sosmed, seperti singkatan gaul dalam Bahasa Inggris. Pasti sebagian besar dari kita sering menemui istilah-istilah baru di sosial media, seperti CMIIW, FYI, FOMO, dan lain sebagainya. Ternyata, masih banyak pengguna sosmed yang belum tahu arti di balik singkatan gaul dalam Bahasa Inggris itu loh! Bagaimana denganmu? Apa kamu sudah tahu?

Beragam singkatan gaul dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai akronim. Akronim itu sendiri dimaknai sebagai istilah yang biasanya diambil dari inisial atau huruf awal sebuah frasa, contohnya CMIIW yang berarti Correct Me If I’m Wrong. Masih banyak lagi loh akronim yang bisa kita pelajari. Yukk simak penjelasan tentang 10 singkatan gaul dalam Bahasa Inggris di bawah ini. 

CMIIW

Istilah ini kerap muncul di cuitan Twitter seseorang saat menyampaikan pengetahuannya tentang suatu hal. CMIIW merupakan singkatan dari Correct Me If I’m Wrong, yang berarti “koreksi aku jika aku salah”. Jadi, istilah ini bisa dipakai saat kamu kurang yakin dengan pendapatmu. Berikut contohnya, “A rainbow appears because sunlight penetrates the raindrops. Please, CMIIW.”

IYKWIM

IYKWIM merupakan singkatan dari If You Know What I Mean, yang berarti “jika kamu tahu maksud saya”. Kata ini biasa digunakan saat seseorang membagikan pendapatnya yang mungkin juga diketahui oleh sebagian orang. Contohnya, “He’s not as nice as he seems, IYKWIM.”.

NVM

Sumber: Twitter

Cuitan Twitter di atas merupakan contoh penggunaan NVM di sosial media. NVM artinya “sudahlah”, dan merupakan kependekan dari “never mind”. Netizen biasa menggunakan kata tersebut saat merasa enggan untuk menjelaskan sesuatu. 

FAQ

Hampir setiap aplikasi atau platform media sosial mencantumkan “FAQ” di dalamnya. Tapi apakah kamu tahu artinya? FAQ bisa diartikan sebagai pertanyaan yang sering diajukan. Adanya Frequently Asked Questions mempermudah para pengguna aplikasi saat mereka kebingungan akan fitur atau kendala yang ditemui saat menjalankan aplikasi tersebut. 

IMO

IMO, he’s really attractive and smart.” 

Kalimat tersebut merupakan contoh penggunaan IMO (In My Opinion) di sosmed, yang berarti “menurutku”. IMO biasa digunakan untuk menyatakan pendapat seseorang tentang suatu hal berdasarkan pemikirannya sendiri. 

FOMO

Istilah yang belakangan ini paling sering muncul di berbagai platform sosmed ialah “FOMO”. FOMO atau Fear of Missing Out bisa dimaknai sebagai rasa takut akan ketertinggalan terhadap sesuatu yang sedang trend pada masanya. 

AKA

As Known As memiliki arti “juga dikenal sebagai”. Singkatan gaul dalam Bahasa Inggris ini sering digunakan saat seseorang ingin menjelaskan lebih lanjut tentang orang lain. Misalnya, “She is Caroline, AKA my best friend.” .

IDC

IDC adalah kata yang sering dijumpai di platform Instagram. Terkadang orang-orang menyelipkan kata IDC dalam video singkat yang diunggahnya, seperti “IDC what other people say about me.”. Kalimat tersebut bisa diartikan sebagai, “Aku tidak peduli apa yang orang lain katakan tentang aku.”. Jadi, bisa kita simpulkan kalau IDC artinya “aku tidak peduli”. 

KEPO

Kata KEPO kerap kali dijumpai saat seseorang malas menanggapi orang lain yang terlalu banyak bertanya. Tapi, apakah kamu tahu artinya? Knowing Every Particular Object merupakan rasa ingin tahu yang berlebih akan suatu hal. Walaupun rasa KEPO bisa bermanfaat untuk menambah wawasan, tapi KEPO yang berlebihan juga tidak baik, loh. 

FYI

Kata FYI sering kali muncul di sela-sela chat, terutama di WA Group. FYI itu sendiri berarti “sekedar menginformasikan” yang merupakan kependekan dari For Your Information. Istilah ini biasa dipakai seseorang untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Contohnya, “FYI, we’re gonna have a meeting at twelve.”.

Beragam singkatan gaul dalam Bahasa Inggris itu bisa kita pakai di sosmed agar terlihat lebih up to date, loh! Tapi, jangan lupa sesuaikan selalu dengan penggunaanya yaa. Sebagai netizen yang cerdas, kita harus bisa menggunakan sosmed dengan bijak dan hati-hati.

Untuk info tentang program Bahasa Inggris kunjungi https://liayogyakarta.com/program-kursus-lia-yogya/

Untuk info tentang LIA Pusat kunjungi https://lblia.com/

KONTAK KAMI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.