KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK MAHASISWA

Kursus Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa

Kursus bahasa Inggris untuk mahasiswa penting untuk diambil, mengapa? Mahasiswa memiliki kebutuhan yang nyata akan kemampuan bahasa Inggris yang memadai.

Saat Kuliah

Tidak dipungkiri lagi, mahasiswa menghadapi berbagai tugas yang menuntut kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Asing lainnya saat kuliah. Yang paling nyata adalah banyaknya sumber informasi/referensi yang ditulis dalam bahasa Inggris. Mau tidak mau mahasiswa harus memiliki kemampuan yang memadai untuk menggali dan mengambil informasi yang diperlukan.

Selain kuliah, masa belajar di perguruan tinggi juga menuntut pengembangan pribadi secara holistik. Artinya, mahasiswa seharusnya juga aktif dalam kegiatan lain di dalam atau di luar kampus walau kegiatan tersebut tidak berhubungan dengan bidang yang dipelajari. Dengan demikian, soft skill mahasiswa dapat terbentuk dengan baik. Ingat, dunia kerja tidak mengutamakan kepintaran Anda. Namun, dunia kerja lebih menuntut lulusan yang memiliki soft skill yang memadai. Banyak kegiatan kampus dan luar kampus yang bisa juga dipakai sebagai wahana untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, misalnya ikut kepanitiaan, pertukaran mahasiswa, debat, seminar ke luar negeri dan sebagainya. kesempatan tersebut mesti digapai demi masa depan yang lebih baik

SAAT LULUS

Masa kuliah adalah masa untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris untuk kebutuhan mencari kerja atau studi lanjut di masa mendatang. Banyak yang tidak menyadari bahwa keberhasilan dalam tes bahasa Inggris berakar dari kemampuan dasar bahasa Inggris yang kuat. Jadi tidak ada hasil instan. Skor tes bahasa Inggris (TOEFL/IELTS) dibutuhkan saat mencari kerja, beasiswa atau studi lanjut. Kemampuan berkomunikasi akan tercermin dalam wawancara masuk kerja yang sekarang banyak dilakukan secara spontan via HP. Jadi, idealnya kemampuan bahasa Inggris dipupuk sejak semester awal. Menjelang akhir studi baru fokus ke persiapan tes bahasa Inggris.

Kursus Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa : Apa Saja?

Program bahasa Inggris https://liayogyakarta.com/program-kursus-lia/

Program English for Adults https://liayogyakarta.com/bahasa-inggris-untuk-dewasa/

Program Percakapan https://liayogyakarta.com/kelas-conversation-lia-yogyakarta/

Persiapan TOEFL https://liayogyakarta.com/kelas-toefl-lia-yogya/

Persiapan IELTS https://liayogyakarta.com/ielts-preparation/

TOEFL Online https://liayogyakarta.com/lia-yogyakarta-online-test/

Kelas terbaru https://liayogyakarta.com/kursus-bahasa-inggris-online-juli-2022/

Kontak kami

CS LIA Pandeansari 1: https://wa.me/6282260862122

CS LIA Pandeansari 2  : https://wa.me/6285799900677

BAHASA INGGRIS PEMANDU WISATA

Bahasa Inggris Pemandu Wisata

Bahasa Inggris Pemandu Wisata merupakan sebuah kebutuhan yang mendesak saat ini. Mengapa?

Pariwisata menjadi andalan untuk memulihkan kondisi ekonomi selepas terpaan Pandemi Corono Covid 19 selama 2 tahun. Selama masa itu, pariwisata nyaris tak bergerak karena banyaknya pembatasan yang diberlakukan. Pariwisata selama masa itu dianggap dapat menimbulkan kerumunan masa sehingga dapat memicu penyebarad virus Covid 19.

Seiring dengan menurunnya paparan Covid 19 maka kegiatan pariwisata mulai menggeliat. Hal ini juga dipicu oleh kerinduan masyarakat yang sudah terbatasi selama kurang lebih 2 tahun. Sektor pariwisata juga mampu mewadahi keinginan masyarakat ditandai dengan kreativitas dan pembukaan obyek wisata baru. Kondisi ini menimbulkan gairah baru bagi para pelaku wisata.

Walau saat ini masih didominasi oleh wisatawan domestik, cepat atau lambat pintu masuk untuk wisatawan asing pasti akan mulai dibuka. Pariwisata bukan lagi hanya mengandalkan pasar lokal namun akan kembali ke pasar global.

Bahasa Inggris Pemandu Wisata : dimana?

Pemerintah berusaha membantu masyarakat yang membutuhkan ketrampilan untuk meraih pekerjaan melalui Kartu Pra Kerja (https://www.prakerja.go.id/). Ini merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan bagi para calon Pemandu Wisata.

LB LIA telah menjadi penyedia Program bahasa Inggris untuk Pemandu Wisata dalam Kartu Pra Kerja. Program ini bisa dibeli di platform PINTARIA (https://pintar.co/berita)

Silakan melakukan pembelian melalui link berikut ini https://pintar.co/bahasa-inggris-untuk-pemandu-wisata)

Informasi Program Kursus https://liayogyakarta.com/program-kursus-lia/

Informasi kelas baru https://liayogyakarta.com/kursus-bahasa-inggris-online-juli-2022/

Kontak kami

CS LIA Pandeansari 1: https://wa.me/6282260862122

CS LIA Pandeansari 2: : https://wa.me/6285799900677

KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SMP

Kursus Bahasa Inggris Untuk Siswa SMP

Kursus Bahasa Inggris untuk siswa SMP menjadi pertimbangan tersendiri bagi para orang tua. Apakah perlu menambah kursus bahasa Inggris untuk SMP? Paparan berikut ini semoga dapat menambah wawasan Anda.

Kursus Bahasa Inggris Untuk Siswa SMP : Mengapa?

Pembelajaran bahasa Inggris sebaiknya dimulai sedini mungkin agar mendapatkan masa optimal dimana daya serap bahasa anak masih tinggi. Namun, kadang banyak faktor yang mempengaruhi sehingga anak “sedikit terlambat” belajar bahasa Inggris. Ada Sekolah Dasar yang sudah mengajarkan bahasa Inggris atau bahkan memakainya sebagai bahasa pengantar. Namun, banyak sekolah dasar yang belum mampu melaksanakannya.

Jadi, pada akhirnya secara formal seorang anak mulai belajar bahasa Inggris pertama kalinya di level SMP. Secara ideal, tentunya ini sudah terlambat. Namun, mulai belajar di jenjang SMP bukanlah sesuatu yang buruk.

Ciri Pembelajaran Bahasa Inggris

Pembelajaran formal bahasa Inggris di SMP masih ditujukan agar para siswa mampu mengatasi tes bahasa Inggris yang diujikan sekolah atau dipakai untuk memasuki jenjang lebih tinggi di kemuadian hari (SMA). Jadi tentu saja yang dipelajari kebanyakan tata bahasa (grammar). Penguasaan tata bahasa tidak menjamin kemampuan berkomunikasi.

Pada jenjang SMP pada dasarnya seorang siswa berada pada tahap awal pembentukan kemampuan komunikasi. Ini merupakan periode krusial dimana para siswa mulai belajar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Sebagian besar masih berupa “guided conversation” namun arah menuju ekspresi bebas mulai dirintis. Pada masa ini sorang siswa juga mulai membangun kepercayaan diri dan rasa suka belajar bahasa. Kegagalan membangun fondasi kemampuan berkomunikasi dan kepercayaan diri tentunya akan mempengaruhi pembelajaran selanjutnya.

Rincian program untuk SMP https://liayogyakarta.com/kursus-bahasa-inggris-untuk-smp/

Kelas baru https://liayogyakarta.com/kursus-bahasa-inggris-online-juli-2022/

Prosedur Pendaftaran https://liayogyakarta.com/pendaftaran-siswa-baru-lia/

Biaya Kursus https://liayogyakarta.com/biaya-kursus-bahasa-inggris-di-lia/

Info tentang LIA Pusat http://www.lia.co.id

Kontak kami

CS LIA Pandeansari `1https://wa.me/6282260862122

CS LIA Pandeansari `2 : https://wa.me/6285799900677

Kursus Bahasa Inggris Untuk Siswa SD

KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SD

Kursus bahasa Inggris untuk siswa SD, mengapa perlu? Apakah sudah tepat untuk menyediakan kursus bahasa Inggris pada anak anak? Bila Anda masih ragu untuk memberi kesempatan putra putri Anda belajar bahasa-utamanya bahasa Inggris maka artikel berikut ini semoga memberi sudut pandang lain bagi Anda.

BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK ANAK

Kemampuan belajar berbahasa terbagi dalam 2 jenis : “acquisition ” (penyerapan) dan “learning”(belajar). Kita membedakan dua hal tersebut dari pemahaman bahwa “acquisition” berlangsung secara tidak sadar sedangkan “learning” berlangsung secara sadar. Jadi “acquisition ” mencapai masa optimal pada masa kanak kanak dan akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Ketika dewasa maka “learning” akan lebih berperan.

Setiap orang memiliki kedua kemampuan di atas. Namun, kemampuan tersebut memiliki masa optimal yang berbeda. “Acquisition” berada pada tahap optimal saat kita berada pada usia dini. Oleh karena itu, usia dini menjadi rentang waktu yang paling penting dalam perkembangan anak. Pada masa inilah seorang anak akan dengan mudah menyerap apapun tanpa perlu belajar secara sadar. Contoh paling riil adalah saat bagaimana seorang anak mengucapkan kata pertama. Misal kata pertama yang keluar adalah “mama” atau ” papa” maka kata tersebut diserap dari paparan yang didapat anak. Tidak mengherankan bila si anak mendapat paparan yang keliru sehingga anak banyak mengeluarkan kata kata yang tidak sepantasnya. Jadi, guru berperan sebagai “model” yang akan ditiru oleh anak pada proses pembelajaran. Seharusnya, guru memiliki kemampuan yang memadai sehingga memberi contoh yang “baik” bagi anak.

Konsep yang sama berlaku juga dalam pembelajaran bahasa :

  • Semakin sering anak mendapat paparan yang tepat maka semakin cepat anak dapat menyerap bahasa Inggris. Hal lain yang menguntungkan adalah anak masih memiliki organ ucapan yang “murni” belum banyak terpengaruh oleh bahasa lain. Bila anak belajar dari usia dini maka biasanya anak memiliki pengucapan yang mirip dengan model yang memberi paparan.
  • Bila model yang memberi paparan salah, maka anak akan menyerap bentuk yang salah tersebut. Bila tidak ada upaya koreksi secepatnya maka kesalahan itu akan “membatu” sehingga lebih sulit dikoreksi saat umurnya bertambah. Untuk itu, kualitas pembimbing/guru sangat menentukan. Memang idealnya anak belajar secara “imersi” misalnya langsung dari penutur asli bahasa Inggris.
  • Yang paling utama adalah mmbuat anak “senang” belajar bahasa Inggris sebagai sebuah investasi agar kelak mau belajar mandiri. Mengapa kita tidak boleh menuntut penguasaan bahasa pada anak? Setiap anak memiliki bakat bahasa masing masing sehingga seorang anak memiliki “kecepatan” yang berbeda dalam menguasai bahasa. Tidak fair kalau kita memberi beban seperti itu pada seorang anak.

KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SD : BAGAIMANA KE DEPAN?

Kursus Bahasa Inggris untuk siswa SD merupakan sebuah keputusan yang tepat walaupun bahasa Inggris belum/tidak diajarkan di SD. Harapannya, anak akan lebih mudah menguasai bahasa Inggris di jenjang berikutnya mengingat kemampuan bahasa Inggris akan menjadi “pembeda” dalam persaingan belajar dan kerja. Selain itu, bahasa Inggris sangat membantu dalam mengolah sumber informasi yang ditulis atau disampaikan dalam bahasa Inggris

Dengan prinsip “acquisition” di atas, maka anak akan diajak untuk “belajar sambil bermain”. Anak akan menikmati proses belajar dan pada saat yang sama menyerap bahan ajar. Jadi anak tidak boleh dipaksa untuk “learning”. Keuntungan lainnya adalah anak dapat belajar bersosialisasi dengan anak lain sehingga dapat terbentuk sikap sikap yang positip. Harus diingat bahwa bahasa dipakai untuk berkomunikasi. Untuk bisa berkomunikasi dengan baik maka anak perlu memiliki ketrampilan berkomunikasi yang didukung oleh sikap yang tepat. Misalnya, bila anak terlalu pendiam maka proses belajarnya akan sedikit terhambat. Jadi, selain belajar bahasa, anak perlu belajar hal lain.

Jadi Kursus Bahasa Inggris untuk siswa SD adalah sebuah pilihan yang tepat bagi orang tua. Ini merupakan sebuah investasi yang semoga ke depannya dapat membuka jalan ke arah masa depan yang lebih baik. Ditambah lagi, persaingan di masa depan menuntut dimilikinya kemampuan pembeda dengan anak lain sebagai kompetitor.

Bagaimana dengan anak anak Anda? Beri peluang anak anak Anda untuk masa depan yang lebih baik dengan Kursus Bahasa Inggris untuk siswa SD

Informasi tentang Kursus Bahasa Inggris Anak https://liayogyakarta.com/kursus-bahasa-inggris-anak/

Pendaftaran Siswa Baru https://liayogyakarta.com/pendaftaran-siswa-baru-lia/

Kelas baru https://liayogyakarta.com/kursus-bahasa-inggris-online-juli-2022/

Artikel terkait https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/jemima/alasan-anak-perlu-belajar-bahasa-inggris-sejak-dini/5

Web LIA Pusat https://lblia.com/general-english-for-young-learners/

Kontak Kami

Kursus Bahasa Inggris Untuk Karyawan

Kursus Bahasa Inggris untuk Karyawan

Kursus Bahasa Inggris untuk karyawan? Apa saja yang harus diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan Anda?

Jenis kebutuhan bahasa Inggris

  • Penguasaan bahasa Inggris aktif baik tulis maupun lisan karena pekerjaannya menuntut komunikasi dengan penutur bahasa Inggris. Untuk karyawan yang sudah bekerja lama tentunya sudah tidak masalah. Kemampuan bahasa inggris nya sudah terpupuk oleh kebiasaan berkomunikasi secara langsung sehari hari. Kebutuhan ini mendesak bagi mereka yang bercita cita meraih pekerjaan seperti ini.
  • Penguasaan bahasa Inggris kadang diperlukan dalam lingkup dan situasi yang terbatas, misalnya dalam korespondensi via email, presentasi, seminar/workshop, perjalanan dinas, percakapan via telp/zoom, dan sebagainya. Jadi kebutuhan ini tidak setiap hari ada namun bila ada sangat penting. Jenis kebutuhan ini sangat menantang karena bila tidak dipupuk pada setiap kesempatan yang ada maka kemampuan akan menurun (atau karyawan kehilangan kepercayaan dirinya).
  • Penguasaan bahasa Inggris yang sifatnya insidental biasanya menjadi sebuah beban bagi karyawan. Mengapa? Pada umumnya kemampuan bahasa Inggris tidak dipupuk. Namun, secara tiba tiba kemampuan itu dibutuhkan misalnya untuk syarat promosi jabatan, beasiswa belajar ke luar negeri, penugasan ke kegiatan tertentu dan lain lain.

Jadi, kebutuhan bahasa Inggris bagi karyawan memang menjadi sebuah ambigu. Ada kesadaran bahwa bahasa Inggris diperlukan namun kadang kebutuhannya tidak pasti. Pada akhirnya kemauan belajar sudah tergerus oleh hal hal lain, termasuk faktor usia. Hanya sedikit yang memahami bahwa kemampuan bahasa Inggris (juga bahasa lain) akan menjadi faktor pembeda dalam perjalanan karir seorang karyawan.

Apa yang perlu diperhatikan?

  • Kemampuan menguasai bahasa secara tidak sadar (acquisition) pada orang dewasa berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Jadi kemampuan menyerap bahasa sudah memudar, tidak sebagus saat kita masih anak anak. Jadi yang berlaku untuk orang dewasa adalah “learning”(pembelajaran secara sadar). Memang pengucapan mungkin menjadi kendala karena organ bunti kita sdh terbentuk karena kebiasaan memakai bahasa ibu atau bahasa kedua
  • Modal paling besar adalah kemauan untuk belajar. Dibutuhkan juga sikap untuk tidak takut salah karena pada dasarnya kesalahan merupakan aset untuk belajar pula. Kesalahan tata bahasa harusnya sedikit diabaikan karena kita mengutamakan latihan sebanyak mungkin agar dapat meningkatkan penguasaan bahasa.
  • Kemampuan berkomunikasi secara transaksional dalam bahasa inggris ditandai dengan penggunaan ekspresi ekspresi baku yang diterima dalam pergaulan. Jadi dalam hal ini kita harus menguasai ekspresi yang digunakan dan menggunakannya sesering mungkin. Bila tidak digunakan maka kita akan lupa lagi. Contohnya adalah “How are you?”. Kita ambil satu jawaban baku ” I am fine, thank you”. Ketika pasangan stimulus-respon ini kita kuasai dan terjadi otomatisasi maka kita tidak akan lupa dan siap menggunakannya. Disini kita tidakperlu belajar tata bahasa. Langkahnya hanya dengan menghafal dan melatih sampai menguasai secara otomatis.
  • Kemampuan tata bahasa dibutuhkan untuk mengungkapkan gagasan yang bersifat topikal, biasanya merupakan bagian “isi” dari sebuah dialog. Apakah perlu belajar “tenses”? Tata bahasa berbeda dengan tenses. Kalaupun ada kesalahan kecil dalam tata bahasa (termasuk tenses) namun gagasan dapat ditangkap oleh lawan bicara, itu sudah cukup. Tidak semua orang berkomunikasi dengan tata bahasa yang komplit dan pasti benar…bahkan jika dia adalah penutur asli. Tata bahasa adalah alat untuk mengungkapkan gagasan bukan alat untuk mengukur pemahaman tata bahasa.
  • Adakah “English for Specific Purposes” yang benar benar membatasi jenis bahasa Inggris yang kita pakai? Tentu ada kekhasan dalam tipe bidang tertentu namun semua berdasar pada General English. Maksudnya, ada baiknya menguasai hal itu dan memang kita menggunakan ekspresi dan istilah tertentu di bidang tertentu. Namun, dengan modal bahasa inggris umum sudah cukup memadai. Lagi pula, tentunya kita sendiri yang lebih menguasai karena kita bekerja di bidang tersebut. Tidak perlu takut dengan jenis bahasa Inggris ini.

Kursus bahasa Inggris untuk karyawan? Mengapa tidak?

Kursus bahasa Inggris untuk karyawan dapat bersifat umum yaitu kemampuan berkomunikasi atau yang bersifat khusus seperti kelas untuk persiapan tes (TOEFL/IELTS), ketrampilan presentasi/diskusi. Semua harus dimulai dengan tekat kuat untuk melapangkan karir di masa depan. Apalagi, bila fasilitas belajar sudah disediakan oleh kantor secara gratis. Mau kapan lagi?

Artikel terkait kursus bahasa Inggris untuk karyawan

Kontak Kami

CS LIA Pandeansari 1https://wa.me/6282260862122

CS LIA Pandeansari 2 : https://wa.me/6285799900677