TOEFL PREDICTION LIA YOGYA

Tes TOEFL semakin banyak dibutuhkan sebagai syarat untuk berbagai kebutuhan dari melamar pekerjaan, promosi jabatan atau kebutuhan studi. TOEFL adalah tes yang masih menjadi acuan alat ukur kemampuan bahasa Inggris.

TOEFL yang mana?

TOEFL merupakan sebuah tes yang hak ciptanya dimiliki oleh ETS. Jenis TOEFL yang ditawarkan adalah TOEFL ITP (paper-based) dan TOEFL iBT (Internet-based). TOEFL diselenggarakan HANYA oleh lembaga yang merupakan “test center” dari ETS.

Tes tes serupa TOEFL dan TIDAK diselenggarakan oleh test center ETS tidak bisa disebut sebagai tes TOEFL. Banyak yang menyebut tes ini sebagai “TOEFL Prediction Test” atau TOEFL-like Test. Jenis tes mana yang Anda butuhkan? Tentunya, jenis tesnya tergantung pada jenis tes mana yang disyaratkan dalam kebutuhan tersebut. Faktor lain adalah seberapa kuat kepercayaan “user”(pihak yang mensyaratkan) terhadap validitas dan reliabilitas tes tersebut. Bila hasil tes tidak mencerminkan kemampuan pemegang sertifikat, bagaimana pemakai bisa percaya?

5 TIP TOEFL

1. Persiapkan kemampuan bahasa Inggris Anda baik baik. TOEFL adalah tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Jadi, idealnya kemampuan bahasa Inggris harus memadai untuk diukur. Bila kemampuan tes bagus namun kemampuan umum kurang mencukupi, bersiap siaplah menanti “kedok Anda terbongkar”.

2. Sediakan waktu yang cukup baik untuk memperdalam “test taking strategies” maupun mencoba “full test”. Pemahaman tidak akan dicapai secara instan. Kita membutuhkan waktu untuk internalisasi pemahaman tersebut.

3. Jangan mencoba “jalan pintas” dengan berharap ada yang melayani tes dengan cara “kalau saya mendaftar sekarang, bisakah saya tes hari ini juga dan mendapat hasil BAGUS hari ini juga? Masih banyak juga yang menginginkan hasil tanpa mau mengerjakan tes.

4. TOEFL mengujikan pemahaman berdasarkan beberapa “test area” yang ditentukan. Fokus pada penguasaan tips dan strateginya. Misal: Structure & Writeen Expressions nomor 16-40 lebih banyak mengujikan pengenalan pada grammar area tertentu. Anda  lebih membutuhkan “pengenalan” unsusr tata bahasa dibandingkan “pemahaman arti kata/kalimat”

5. Persiapkan kondisi fisik dan mental saat menjalani tes. Semakin “tegang” pikiran Anda akan semakin sulit mendapat hasil bagus.

TOEFL PREDICTION LIA YOGYA 2023 : KAPAN?

LB LIA Yogyakarta menyelenggarakan tes EPT (English Proficiency Test) yang merupakan hak cipta Yayasan LIA sejak 2003. EPT bukan merupakan tes TOEFL walau memiliki format serupa. Namun, EPT sudah dipercaya banyak lembaga sebagai alat ukur kemampuan bahasa Inggris. Silakan simak jadwal TOEFL prediction LIA Yogya berikut ini.

TOEFL PREDICTION LIA YOGYA 2024 ONLINE

toefl prediction lia yogya

TOEFL PREDICTION LIA YOGYA OFFLINE

Link pendaftaran tes http://registration.lia.co.id

Untuk info tentang program Bahasa Inggris kunjungi https://liayogyakarta.com/program-kursus-lia/

Untuk info tentang LIA Pusat kunjungi https://lblia.com/

KONTAK KAMI

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.