GENERAL ENGLISH DAN CONVERSATION

General English dan Conversation merupakan dua program serupa namun memiliki pendekatan yang berbeda. Tentunya, kadang hal ini membingungkan. Istilah “General English” memang sering dikontraskan dengan “English for Specific Purposes”. Jadi, General English mengacu pada kebutuhan bahasa Inggris umum. Sedangkan “English for Specific Purposes” merupakan program bahasa Inggris untuk kebutuhan tertentu.

Jadi mau pilih yang mana? Yang bersifat umum atau misal langsung saja ke Conversation? Kedua pilihan tersebut sama baiknya tergantung pada waktu yang tersedia dan kebutuhan yang ada.

Mari langsung kita kupas satu per satu.

general english dan conversation

PROGRAM GENERAL ENGLISH

Program ini pada dasarnya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara umum. Jadi pendekatan yang dipakai adalah “4-macro skill” yaitu : Speaking, Listening, Reading dan Writing. Jamaknya memang 4 skill itulah yang biasanya menjadi dasar “communication skill”.

Bagaimana dengan grammar? Berbeda dengan pendekatan di lembaga pendidikan formal dimana grammar menjadi acuan pembelajaran krn merupakan materi tes, grammar sejatinya adalah fondasi dalam mengkonstruksi gagasan dalam sebuah bahasa. Grammar menjadikan ungkapan yang kita buat menjadi standar/baku

Kosa kata -yang juga merupakan komponen bahasa selain grammar-mewakili arti yang akan kita sampaikan. Jumlah kosa kata sangat mempengaruhi kelancaran pengungkaan gagasan kita.

Tenses banyak menjadi perhatian walau sebenarya tidak sepenuhnya mengganggu komunikasi. Tenses lebih fokus pada kapan suatu hal terjadi dalam kaitan pula dengan aliran waktu (aspect). Ketika akan mengungkapkan gagasan, sebenarnya pola kalimat lah yang membantu. Waktu kejadian merupakan bahan tambahan.

Komponen lainnya adalah “pengucapan, pengejaan, kata depan dll.

PROGRAM CONVERSATION

Apa itu conversation? Conversation menitikberatkan pada percakapan: kemampuan untuk terlibat dan mengelola sebuah percakapan. “Conversational skill” dan “communication skill” menjadi pilar pembelajaran.

Conversational skill adalah kemampuan memilih ekspresi yang tepat baik yang sudah baku maupun yang bebas. Ungkapan baku bersifat stimulus-respon. Misal :”How are you?” jamaknya dijawab :” I am fine, thank you (padahal kita lagi sakit perut). Ungkapan bebas berbasis pada kalimat bukan tenses.

Communication skill mengasah kemampuan agar komunikasi berjalan lancar. Misal bagaimana caranya agar komunikasi tetap lancar saat kita tidak sepenuhnya dapat menangkap ungkapan lawan bicara.

General English dan Conversation : Sudah sampai mana kemampuan Anda?

Di atas tadi beberapa perbedaan General English dan spesifik yaitu Conversation. Semoga bisa menjadi pertimbangan mau memilih Kursus bahasa Inggris General English atau Kursus Bahasa Inggris Conversation.

LINK

KONTAK KAMI

CS LB LIA Pandeansari 1: https://wa.me/6282260862122

CS LB LIA Pandeansari 2 : https://wa.me/6285799900677

Tinggalkan Balasan