SKOR TOEFL

Skor TOEFL memang sering membingungkan orang. Suatu hari saya bertemu seorang bapak sepuh yang sangat bangga dengan putranya yang kuliah di luar negeri. Beliau bilang,”Anak saya bahasa Inggrisnya bagus banget. Skor TOEFL nya saja 750″. Kami yang berada di sekeliling beliau mengangguk angguk-tidak sopan “menentang” orang tua-saja. Mungkin sebagian mengangguk tanda percaya. Saya sih mengangguk sambil tertawa dalam hati karena tertawa beneran ndak tega…..

Jadi, pastikan bahwa Anda mengerti target skor yang Anda ingin capai. Perhitungkan juga waktu yang tersedia untuk mempersiapkannya. Untuk itu, kita memerlukan sebuah diagnostik tes untuk mengetahui skor masing masing bagian. Lalu, kita tingkatkan skor sesuai dengan kondisi yang ada. Maksudnya, kadang kita kuat pada satu bagian dan lemah pada bagian lainnya. Kita bisa meningkatkan semaksimal mungkin pada bagian terlemah/terkuat atau fokus pada bagian terlemah.

SKOR TOEFL YANG MANA?

TOEFL terbagi dalam 3 bagian

  • Listening Comprehension
  • Structure & Written Expressions
  • Reading Comprehension

Skor TOEFL ditentukan oleh jumlah jawaban yang BENAR. Tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban yang salah. Jadi pastikan bahwa semua nomor dijawab: bahkan jika waktu yang tersedia sudah habis. Mungkin dengan teknik “kancing baju”. Mau lebih cepat? Pilih saja satu huruf untuk semua soal…Just kidding

Sebagai gambaran, berikut tabel konversi skornya

skor TOEFL

Sumber tabel : http://deepinsideoftheworld.blogspot.com/2014/08/how-to-calculate-your-toefl-score.html

Kolom pertama adalah jumlah jawaban yang benar. Dari kolom ini terlihat bahwa jumlah soal bagian 1 dan 3 adalah 50 sedangkan jumlah soal bagian 2 adalah 40. Dari jumlah jawaban benar tinggal lihat skor pada masing masing bagian.

Jumlah jawaban benar 10. Berarti skor Listening : 310, Structure : 310, Reading : 310.( Ada informasi yang berbeda di sumber informasi berbeda tentang skor terendah karena data utama ada di ETS) Tentunya, jumlah jawaban yang benar tadi biasanya beda beda per bagian. Gimana skor akhirnya? Skor merupakan rata rata skor pada 3 bagian tadi.

  • Skor terendah adalah (310+310+310)/3 =310. Demikian juga cara menghitung skor tertinggi. 
  • Biasanya orang memiliki kelebihan masing masingsaat mengerjakan 3 bagian tadi. Ada yang bagus pada bagian  Listening tapi kedodoran pada bagian Structure. Ada yang bagus pada bagian Reading dan Structure tapi pusing tujuh keliling saat Listening
  • Fokus pada pengembangan bagian dengan skor rendah
  • Kita sulit mencapai skor tertentu dengan cara instan. Sediakan waktu secara rutin untuk berlatih walau sebentar

Kembali ke si Bapak tadi. Sebenarnya beliau tidak salah salah betul andai beliau bilang bahwa anaknya yang jebolan luar negeri itu dua orang. Jadi skor TOEFL 750 itu gabungan skor dua orang. Gubragggg!!!

Nantikan tip selanjutnya. Atau silakan isi kolom komentar bila ada pertanyaan.

Untuk beda TOEFL dan EPT, silakan kunjungi https://liayogyakarta.com/toefl-tes-lia/

Untuk informasi jadwal TOEFL, silakan kunjungi https://www.iief.or.id/toefl-itp-test-schedule

KONTAK KAMI

CS LB LIA Pandeansari  1: https://wa.me/6282260862122

CS LB LIA Pandeansari  2 :https://wa.me/6285799900677