3 TIP READING TOEFL

3 Tip Reading TOEFL berikut ini semoga membuka wawasan Anda. Reading Comprehension dalam TOEFL merupakan tes untuk menguji kemampuan memahami bacaan. Bagian ini terdiri dari 50 soal yang dengan alokasi waktu 55 menit. 

Masih banyak yang menganggap bagian ini merupakan bagian sulit. Apa sajakah yang diujikan dalam bagian ini? Apakah kita harus memahami semua makna kata yang ada dalam bacaan? Apakah 55 menit cukup untuk mengerjakan soal?

Pada artikel ini kami akan membahas 3 tip Reading TOEFL guna membongkar pemahaman yang kurang tepat dalam menghadapi bagian Reading Comprehension

3 tip Reading TOEFL

3 Tip Reading TOEFL

Tip1 :Apa maksudnya membaca?

Apakah kita harus membaca semua bacaan, mengerti ejaan/pengucapan dan memahami semua arti kata

Apakah harus “membaca detil” atau cukup “membaca cepat” tergantung pada jenis pertanyaan yang akan dijawab. Kita tidak perlu “mengurusi” soal ejaan dan pengucapan. Idealnya memang kita memiliki perbendaharaan kata yang luas. Semakin luas perbendaharaan kosa kata kita semakin mudah kita memahami bacaan. Sebaliknya, dengan kosa kata terbatas pun kita masih bisa menyelesaikan beberapa soal. Namun, kita akan menghadapi kendala dalam menyelesaikan jenis soal “vocabulary”.

Tip 2: Baca soal atau bacaan dahulu?

Banyak yang menyarankan agar kita membaca soal dahulu baru bacaan. Jika cara itu memang membantu Anda, silakan dilakukan. Cara mana yang tepat sangat tergantung pada “learning style” yang Ada miliki. Ada 4 jenis “learning style” (VARK): Verbal ( lebih mudah memahami gambar), auditory ( cenderung lebih mudah memahami audio/suara), Read & Write (membaca sambil menulis) dan kinestetik ( cenderung lebih mudah memahami bila ada gerakan), atau  bisa saja “ecletic” (mode campuran). Membaca soal memang memudahkan mengerjakan jenis soal yang bersifat faktual. Namun, Anda bisa juga “browsing”(membaca cepat tanpa bertujuan memahami) baru membaca/memilih jenis soal

Tip 3: Kita harus “memahami” isi bacaan

Pengertian “memahami” ini harus dipandang dengan dua cara berbeda. Yang pertama, memang kita harus memahami “isi” bacaan guna menjawab pertanyaan tentang “ main idea/tittle”. Pemahaman tersebut tidak selalu berdasarkan pemahaman per baris atau paragraph. Berdasarkan struktur bacaan, kita dapat memahami isi keseluruhan bacaan dengan mencari kalimat yang mengandung gagasan utama (main idea). Misal, ketika membaca kalimat pertama bagian artikel ini, Anda sudah tahu bahwa akan ada 2 hal yang kami paparkan di sini. Yang kedua, beberapa soal tidak menuntut pemahaman bacaan. Namun, soal hanya mengujikan pemahaman yang bersifat “parsial”.  Biasanya, jawaban soial ada dalam bacaan. Jadi, kita harus tahu dulu jenis jenis soal dalam bagian ini

Tip 4: Kosa kata

Tes mengenai vocabulary memang muncul kurang lebih dalam 3-4 soal per bacaan. Artinya, jenis soal ini memang cukup signifikan.

Apakah kita perlu mengerti arti setiap kata dalam bacaan untuk memperoleh pemahaman tentang isi bacaan? Tentu saja, idelanya begitu. Namun, soal dalam Reading tidak sepenuhnya menuntut pemahaman kata per kata. Ada beberapa tipe soal dalam 1 bacaan yang tidak semua menuntut pemahaman kata per kata

Bila Anda sudah memiliki kosa kata yang cukup, mungkin Anda hanya perlu membiasakan dengan strategi yang diperlukan.

Pada dasarnya, ketika seorang penulis memilih sebuah kata, maka penulis sudah memikirkan bagaimana pembaca akan memahami kata tersebut. Maksudnya, penulis biasanya memberi “petunjuk” mengenai arti kata tersebut. Petunjuk tersebut bisa dalam berupa “synonym”, “tanda baca”, “konteks” atau “contoh”.

Berikut contoh petunjuk berupa deskripsi dalam Relative Clause (diantara 2 tanda koma) : “The Puritans, the religious sect that dominated the early British colonies in North America, regarded idleness as a sin.” Disini kita harus jeli melihat dimana petunjuk itu diletakkan oleh penulis.

Tentunya kita harus membiasakan dengan jenis jenis petunjuk lainnya mengingat jumlah soal tentang kosa kata cukup banyak sehingga kontribusinya terhadap skor harus diperhitungkan.

Info kelas TOEFL Preparation https://liayogyakarta.com/kelas-toefl-lia-yogya/

Info TOEFL ITP https://ets.org

Info TOEFL ITP di LIA Pramuka http://pramukalia.com/institutional-testing-program/

Kelas baru https://liayogyakarta.com/kursus-bahasa-inggris-online-juli-2022/

Kontak kami

CS LIA Pandeansari 1: https://wa.me/6282260862122

CS LIA Pandeansari 2: : https://wa.me/6285799900677