Apakah TOEFL itu?

APAKAH TOEFL ITU?

TOEFL adalah sebuah tes yang cukup populer dan banyak orang mencari untuk kebutuhan dalam studi atau dunia kerja. Jadi, Apakah  TOEFL itu? 

Pemahaman tentang apakah TOEFL  Anda butuhkan agar tidak mengalami beberapa masalah. Mengapa skor  yang Anda dapat tidak berlaku untuk kebutuhan tertentu? Mengapa ada yang menjanjikan skor  tertentu dengan mudah? Jenis TOEFL mana yang kita butuhkan untuk keperluan tertentu?

Mari kita bahas lebih lanjut

TOEFL merupakan singkatan dari “TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE”. Jadi TOEFL adalah tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dimana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa Asing. Jadi, adakah tes bahasa Inggris sebagai bahasa kedua? Ya. Namanya TESOL. Bahasa Inggris memang dapat  sebagai bahasa Ibu, bahasa kedua dan bahasa asing. Sebagai bahasa kedua bila dipakai dalam kebanyakan percakapan sehari hari selain bahasa ibu. Sebagai bahasa Asing bila hanya untuk kesempatan tertentu saja.

Jadi, adakah tes bahasa Indonesia sebagai bahasa asing? Tentu saja. Namanya TOIFL(Test of Indonesian as a Foreign Language). Begitu pula dengan bahasa Perancis, Jerman, Jepang, atau Mandarin. Masing masing memiliki tes sendiri sendiri.

Perlu disadari bahwa TOEFL BUKAN merupakan satu satunya alat ukur kemampuan bahasa Inggris. Masih banyak jenis tes lainnya yang mungkin akan disyaratkan, misalnya IELTS, TOEIC, SAT

KEGUNAAN

Tes ini menjadi persyaratan oleh institusi  institusi dari Amerika dan Canada. Misal, untuk syarat beasiswa, kerja atau pendidikan tinggi. Demikian pula institusi di Indonesia. Namun, adapula yang mensyaratkan tes lain, misal IELTS atau TOEIC.

HAK CIPTA

Tes ini merupakan hak cipta ETS (English Testing Service)  New Jersey, Amerika Serikat (www.ets.org). Perwakilan resmi  Indonesia adalah IIEF. Namun, ada jenis Primary dan Junior  yang  hak edarnya pada ITC.  Tes TOEFL diselenggarakan oleh lembaga lembaga yang merupakan test center dari ETS. Jadi tidak semua lembaga dapat menyelenggarakan tes ini.

JENIS 

Apakah TOEFL itu? Berikut jenis tes yang tersedia

  • ITP : paper-based. TOEFL ITP adalah tes yang paling banyak dicari walau sebenarnya bersifat “institutional” ( berlaku untuk pemetaan internal). Saat ini tes TOEFL ITP online sudah tersedia
  • iBT : internet-based
  • Jenis TOEFL Primary  dan TOEFL Junior  :  ITC, untuk usia 8+ dan 11+

LOKASI TES

Untuk mengambil tes ini, Anda mesti mencari lokasi test center nya ETS. Saat ini, tes ini bisa dengan remote proctoring (online)

“TOEFL” LAINNYA

Bagaimana dengan tes tes yang ada pada lembaga lembaga yang bukan test center ETS? Pada dasarnya, tes tersebut secara hukum tidak boleh mengambil nama TOEFL. Ada pula yang lalu memberi  nama TOEFL PREDICTION TEST. 

TES YANG MANA?

Bagaimana dengan tes tes yang ada pada lembaga lembaga yang bukan test center ETS? Pada dasarnya, tes tersebut secara hukum tidak boleh mengambil nama TOEFL. Ada pula yang lalu memberi  nama TOEFL PREDICTION TEST. 

HARUS BAGAIMANA?

Banyak yang kelabakan dalam memenuhi persyaratan TOEFL ini. Mengapa?

Persyaratan TOEFL untuk beasiswa luar negeri biasanya disampaikan secara mendadak sehingga kita tidak memiliki waktu untuk tes atau mempersiapkan kemampuan kita. Jadi, yang paling mendasar adalah persiapkan kemampuan bahasa Inggris Anda secara umum. Lalu, ambil tes jauh jauh hari sehingga ketika diperlukan kita sudah siap. Tidak ada sesuatu yang bersifat instan.

Untuk informasi tentang LIA Pusat, silakan kunjungi http://www.lblia.com

Informasi tes https://liayogyakarta.com/lia-yogyakarta-online-test/

KONTAK KAMI

CS 2 LB LIA Pandeansari  : https://wa.me/6285799900677

CS 1 LB LIA Pandeansari  :https://wa.me/6282260862122