TIP TOEFL : Structure

TIP TOEFL: Structure kali ini  adalah bagian “STRUCTURE AND WRITTEN EXPRESSIONS”. Bagian ini terdiri dari 40 soal dengan waktu pengerjaan 25 menit. Bagian ini selanjutnya bisa dirinci sebagai berikut :

  • Soal nomor 1-15. Bagian ini berbentuk “multiple choice” dengan pilihan A,B,C,D. Tugas kita adalah memilih jawaban yang BENAR.
  • Soal nomor 16-40. Bagian ini berbentuk “error recognition” dimana 4 bagian kalimat bergaris bawah dengan label pilihan A,B,C,D. Tugas kita adalah memilih bagian kalimat dengan garis bawah yang SALAH.

Selain harus memahami bagaimana cara menjawab soal, kita juga harus memahami masing masing bagian tersebut mengujikan apa. Artikel ini akan membahas apa bahan tes untuk nomor 1-15. Untuk nomor 16-40 akan kami bahas pada artikel lainnya.

INIKAH BAGIAN TES TERSULIT?

Beberapa orang menganggap “Structure and Written expressions” merupakan bagian tersulit dari tes TOEFL. Bila Anda memiliki pemahaman yang sama, mohon cermati sudut pandang berikut ini:

  • Setiap bahasa memiliki “language skill” yaitu : Speaking, Reading, Listening, dan Writing. Semua ketrampilan ini diteskan dalam format TOEFL full battery. Hanya saja, dalam format standar paper-based test (TOEFL ITP) yang diteskan dalam satu paket adalah : Listening,(Structure) dan Reading. Writing diteskan secara terpisah dalam bentuk TWE(Test of Written English) yaitu menulis esai. Speaking diteskan tersendiri, misal dalam LIA EPT dalam bentuk tes wawancara. Skor Speaking dan Writing terpisah dari apa yang kita sebut sebagai skor TOEFL ITP.
  • Untuk TOEFL iBT, keempat ketrampilan tadi diteskan dan menjadi satu paket skor TOEFL iBT. Oleh karena itu skor TOEFL iBT berbeda dengan skor TOEFL ITP. Skor TOEFL iBT maksimal adalah 120 : Speaking maks 30, Listening maks 30, Reading maks 30 dan Writing maks 30.
  • Kembali ke TOEFL ITP. Bagian pertama adalah Listening Comprehension, Kedua Structure and Written expressions, dan Ketiga Reading Comprehension. Listening dan Reading adalah language skill. Semua “skill” menuntut latihan yang terstruktur agar tercipta otomatisasi. Jadi misal Anda lemah di Listening dan Reading. Minggu depan Anda akan tes TOEFL ITP. Cukupkah waktu seminggu untuk membangun “skill” sehingga tercipta otomatisasi? Misalkan Anda rela belajar sehari misal delapan jam? Sangat tidak mungkin. Waktu belajar efektif adalah dua jam sekali belajar. Selebihnya otak kita akan memanas dan tidak mungkin menyerap informasi lagi…….Hati hati kalau meledak !!!!

Structure (No. 1-15)

  • Bagaimana dengan Structure? Structure mesti dirunut dari fungsi Grammar sebagai “languange component” yang merupakan pendukung “language skills”. Selain Grammar, komponen lainnya adalah : Vocabulary, Spelling, Pronunciation dsb. Jadi (secara sederhana)  Grammar berurusan dengan aturan untuk menghasilkan arti. Sedangkan Structure lebih berurusan dengan komponen kata,frase, kalimat. Untuk lebih jelasnya, silakan tanya Mbah Google……..
  • Karena bukan sebuah “language skill” maka bagian “Structure and Written expressions” tidak terlalu menuntut terbentuknya “ketrampilan” melalui latihan yang terus menerus……Tentu saja kita tetap memerlukan latihan.

Lalu bagaimana?

TIP TOEFL

Nomor 1-15 : Structure

  • Sekali lagi, bagian Structure ( No. 1-15 disebut Structure sedangkan nomor 16-40 disebut Written Expressions) berhubungan dengan Pola Kalimat dan Komponen Kalimat.
  • Setiap kalimat paling tidak memiliki sebuah Subyek dan Predikat ( Kalimat lengkap bisa  memiliki juga Obyek dan Keterangan)
  • Komponen kalimat merupakan “Parts of Speech”(jenis jenis kata : Kata Benda, Kata Kerja, Kata Sifat, Kata Keterangan)
  • Komponen kalimat dapat berupa “frase” atau “clause”(anak kalimat)
  • Bagian ini tidak sepenuhnya mengeteskan “meaning” namun lebih ke “form”. Jadi, kita tidak perlu mempelajari, misal kegunaan Simple Present Tense untuk : general truth, habitual actions,…………….. Saya yakin Anda akan capek sendiri.
  • Lihat contoh  tip TOEFL berikut ini

 Older people, and those with underlying medical problems like cardiovascular disease, diabetes,  chronic respiratory disease, and cancer,  …………..more likely  to   develop serious illness. 

                    A. they have

                   B. they

                   C. are

                   D. is

TIP TOEFL : Pembahasan

  • Untuk menyelesaikan soal tersebut, kita harus memahami pola kalimat. Setiap kalimat pasti minimal mengandung unsur Subyek (S), Predikat (P). Sedangkan bentuk lengkapnya ada Obyek (O) dan Keterangan(K).
  • S dan P tidak bisa terpisah oleh satu koma
  • S dan P bisa terpisah dengan dua koma. Bagian antara dua koma itu biasanya menerangkan S.
  • Jadi  :Older people (S), and those with underlying medical problems like cardiovascular  disease, diabetes, chronic respiratory disease, and cancer,…….. (P)
  • Jadi dalam soal tsb kita mencari Predikat. Jawabannya C
  • Jadi kalaupun kita tdk tahu arti kata dengan garis bawah ya tdk masalah
  • Yang utama memahami bahwa dalam soal tersebut Predikatnya bukan kata kerja. Jadi dia ngambil “be” yaitu “are”
  • Soal no 1-15 mengharuskan kita memahami pola kalimat standar dan variasinya, apa komponen kalimat, frase pendek dan panjang, anak kalimat, kalimat setara, dan kalimat luas……….Jadi kita tidak sepenuhnya harus memahami arti kalimat yang tersebut.

Kesimpulannya, dalam tip TOEFL ini kita harus mengenali sebanyak mungkin pola kalimat pada umumnya dan bentuk bentuk khusus (frase, clause) pada khususnya.

Nantikan postingan tip TOEFL selanjutnya untuk  bagian Structure (No. 1-15)

Untuk informasi tentang tes, silakan kunjungi link berikut ini   https://liayogyakarta.com/ept/

Untuk informasi tentang TOEFL ITP, silakan kunjungi http://www.ets.org

Kontak kami

CS LB LIA Pandeansari  1https://wa.me/62082260862122 

CS LB LIA Pandeansari  2 : https://wa.me/6285799900677