3 Tip Reading TOEFL

3 TIP READING TOEFL

3 Tip Reading TOEFL berikut ini semoga membuka wawasan Anda. Reading Comprehension dalam TOEFL merupakan tes untuk menguji kemampuan memahami bacaan. Bagian ini terdiri dari 50 soal yang dengan alokasi waktu 55 menit. 

Masih banyak yang menganggap bagian ini merupakan bagian sulit. Apa sajakah yang diujikan dalam bagian ini? Apakah kita harus memahami semua makna kata yang ada dalam bacaan? Apakah 55 menit cukup untuk mengerjakan soal?

Pada artikel ini kami akan membahas 3 tip Reading TOEFL guna membongkar pemahaman yang kurang tepat dalam menghadapi bagian Reading Comprehension

3 tip Reading TOEFL

3 Tip Reading TOEFL

Tip1 :Apa maksudnya membaca?

Apakah kita harus membaca semua bacaan, mengerti ejaan/pengucapan dan memahami semua arti kata

Apakah harus “membaca detil” atau cukup “membaca cepat” tergantung pada jenis pertanyaan yang akan dijawab. Kita tidak perlu “mengurusi” soal ejaan dan pengucapan. Idealnya memang kita memiliki perbendaharaan kata yang luas. Semakin luas perbendaharaan kosa kata kita semakin mudah kita memahami bacaan. Sebaliknya, dengan kosa kata terbatas pun kita masih bisa menyelesaikan beberapa soal. Namun, kita akan menghadapi kendala dalam menyelesaikan jenis soal “vocabulary”.

Tip 2: Baca soal atau bacaan dahulu?

Banyak yang menyarankan agar kita membaca soal dahulu baru bacaan. Jika cara itu memang membantu Anda, silakan dilakukan. Cara mana yang tepat sangat tergantung pada “learning style” yang Ada miliki. Ada 4 jenis “learning style” (VARK): Verbal ( lebih mudah memahami gambar), auditory ( cenderung lebih mudah memahami audio/suara), Read & Write (membaca sambil menulis) dan kinestetik ( cenderung lebih mudah memahami bila ada gerakan), atau  bisa saja “ecletic” (mode campuran). Membaca soal memang memudahkan mengerjakan jenis soal yang bersifat faktual. Namun, Anda bisa juga “browsing”(membaca cepat tanpa bertujuan memahami) baru membaca/memilih jenis soal

Tip 3: Kita harus “memahami” isi bacaan

Pengertian “memahami” ini harus dipandang dengan dua cara berbeda. Yang pertama, memang kita harus memahami “isi” bacaan guna menjawab pertanyaan tentang “ main idea/tittle”. Pemahaman tersebut tidak selalu berdasarkan pemahaman per baris atau paragraph. Berdasarkan struktur bacaan, kita dapat memahami isi keseluruhan bacaan dengan mencari kalimat yang mengandung gagasan utama (main idea). Misal, ketika membaca kalimat pertama bagian artikel ini, Anda sudah tahu bahwa akan ada 2 hal yang kami paparkan di sini. Yang kedua, beberapa soal tidak menuntut pemahaman bacaan. Namun, soal hanya mengujikan pemahaman yang bersifat “parsial”.  Biasanya, jawaban soial ada dalam bacaan. Jadi, kita harus tahu dulu jenis jenis soal dalam bagian ini

Tip 4: Kosa kata

Tes mengenai vocabulary memang muncul kurang lebih dalam 3-4 soal per bacaan. Artinya, jenis soal ini memang cukup signifikan.

Apakah kita perlu mengerti arti setiap kata dalam bacaan untuk memperoleh pemahaman tentang isi bacaan? Tentu saja, idelanya begitu. Namun, soal dalam Reading tidak sepenuhnya menuntut pemahaman kata per kata. Ada beberapa tipe soal dalam 1 bacaan yang tidak semua menuntut pemahaman kata per kata

Bila Anda sudah memiliki kosa kata yang cukup, mungkin Anda hanya perlu membiasakan dengan strategi yang diperlukan.

Pada dasarnya, ketika seorang penulis memilih sebuah kata, maka penulis sudah memikirkan bagaimana pembaca akan memahami kata tersebut. Maksudnya, penulis biasanya memberi “petunjuk” mengenai arti kata tersebut. Petunjuk tersebut bisa dalam berupa “synonym”, “tanda baca”, “konteks” atau “contoh”.

Berikut contoh petunjuk berupa deskripsi dalam Relative Clause (diantara 2 tanda koma) : “The Puritans, the religious sect that dominated the early British colonies in North America, regarded idleness as a sin.” Disini kita harus jeli melihat dimana petunjuk itu diletakkan oleh penulis.

Tentunya kita harus membiasakan dengan jenis jenis petunjuk lainnya mengingat jumlah soal tentang kosa kata cukup banyak sehingga kontribusinya terhadap skor harus diperhitungkan.

Info kelas TOEFL Preparation https://liayogyakarta.com/kelas-toefl-lia-yogya/

Info TOEFL ITP https://ets.org

Info TOEFL ITP di LIA Pramuka http://pramukalia.com/institutional-testing-program/

Kelas baru https://liayogyakarta.com/kursus-bahasa-inggris-online-juli-2022/

Kontak kami

CS LIA Pandeansari 1: https://wa.me/6282260862122

CS LIA Pandeansari 2: : https://wa.me/6285799900677

APAKAH TOEFL ITU?

Apakah TOEFL itu?

APAKAH TOEFL ITU?

TOEFL adalah sebuah tes yang cukup populer dan banyak orang mencari untuk kebutuhan dalam studi atau dunia kerja. Jadi, Apakah  TOEFL itu? 

Pemahaman tentang apakah TOEFL  Anda butuhkan agar tidak mengalami beberapa masalah. Mengapa skor  yang Anda dapat tidak berlaku untuk kebutuhan tertentu? Mengapa ada yang menjanjikan skor  tertentu dengan mudah? Jenis TOEFL mana yang kita butuhkan untuk keperluan tertentu?

Mari kita bahas lebih lanjut

TOEFL merupakan singkatan dari “TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE”. Jadi TOEFL adalah tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dimana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa Asing. Jadi, adakah tes bahasa Inggris sebagai bahasa kedua? Ya. Namanya TESOL. Bahasa Inggris memang dapat  sebagai bahasa Ibu, bahasa kedua dan bahasa asing. Sebagai bahasa kedua bila dipakai dalam kebanyakan percakapan sehari hari selain bahasa ibu. Sebagai bahasa Asing bila hanya untuk kesempatan tertentu saja.

Jadi, adakah tes bahasa Indonesia sebagai bahasa asing? Tentu saja. Namanya TOIFL(Test of Indonesian as a Foreign Language). Begitu pula dengan bahasa Perancis, Jerman, Jepang, atau Mandarin. Masing masing memiliki tes sendiri sendiri.

Perlu disadari bahwa TOEFL BUKAN merupakan satu satunya alat ukur kemampuan bahasa Inggris. Masih banyak jenis tes lainnya yang mungkin akan disyaratkan, misalnya IELTS, TOEIC, SAT

KEGUNAAN

Tes ini menjadi persyaratan oleh institusi  institusi dari Amerika dan Canada. Misal, untuk syarat beasiswa, kerja atau pendidikan tinggi. Demikian pula institusi di Indonesia. Namun, adapula yang mensyaratkan tes lain, misal IELTS atau TOEIC.

HAK CIPTA

Tes ini merupakan hak cipta ETS (English Testing Service)  New Jersey, Amerika Serikat (www.ets.org). Perwakilan resmi  Indonesia adalah IIEF. Namun, ada jenis Primary dan Junior  yang  hak edarnya pada ITC.  Tes TOEFL diselenggarakan oleh lembaga lembaga yang merupakan test center dari ETS. Jadi tidak semua lembaga dapat menyelenggarakan tes ini.

JENIS 

Apakah TOEFL itu? Berikut jenis tes yang tersedia

  • ITP : paper-based. TOEFL ITP adalah tes yang paling banyak dicari walau sebenarnya bersifat “institutional” ( berlaku untuk pemetaan internal). Saat ini tes TOEFL ITP online sudah tersedia
  • iBT : internet-based
  • Jenis TOEFL Primary  dan TOEFL Junior  :  ITC, untuk usia 8+ dan 11+

LOKASI TES

Untuk mengambil tes ini, Anda mesti mencari lokasi test center nya ETS. Saat ini, tes ini bisa dengan remote proctoring (online)

“TOEFL” LAINNYA

Bagaimana dengan tes tes yang ada pada lembaga lembaga yang bukan test center ETS? Pada dasarnya, tes tersebut secara hukum tidak boleh mengambil nama TOEFL. Ada pula yang lalu memberi  nama TOEFL PREDICTION TEST. 

TES YANG MANA?

Bagaimana dengan tes tes yang ada pada lembaga lembaga yang bukan test center ETS? Pada dasarnya, tes tersebut secara hukum tidak boleh mengambil nama TOEFL. Ada pula yang lalu memberi  nama TOEFL PREDICTION TEST. 

HARUS BAGAIMANA?

Banyak yang kelabakan dalam memenuhi persyaratan TOEFL ini. Mengapa?

Persyaratan TOEFL untuk beasiswa luar negeri biasanya disampaikan secara mendadak sehingga kita tidak memiliki waktu untuk tes atau mempersiapkan kemampuan kita. Jadi, yang paling mendasar adalah persiapkan kemampuan bahasa Inggris Anda secara umum. Lalu, ambil tes jauh jauh hari sehingga ketika diperlukan kita sudah siap. Tidak ada sesuatu yang bersifat instan.

Untuk informasi tentang LIA Pusat, silakan kunjungi http://www.lblia.com

Informasi tes https://liayogyakarta.com/lia-yogyakarta-online-test/

KONTAK KAMI

CS 2 LB LIA Pandeansari  : https://wa.me/6285799900677

CS 1 LB LIA Pandeansari  :https://wa.me/6282260862122

APA STRATEGI TOEFL STRUCTURE?

STRATEGI TOEFL STRUCTURE

Kita masih membahas bagian structure and written expression. Kali ini kita akan fokus pada pentingnya memberi perhatian pada bentuk khusus. Apa maksudnya? Soal 16-40 merupakan amulasi dari berbagai bahan tes “written expressions'( ekspresi baku). Namun, dari 25 soal tersebut ada beberapa soal yang mengeteskan bahan bahan yang terlihat jelas bentuk khususnya. Jadi, kita akan mudah menandainya. Tentu saja, kita harus memperbanyak latihan supaya bisa menjadikan sebuah bahan soal sebagai bentuk khusus. Dengan demikian, kita bisa memastikan keakuratan jawaban bila soal soal tersebut keluar.

Strategi TOEFL Structure merupakan kelanjutan artikel sebelumnya :

Strategi TOEFL Structure

Contoh Strategi 1.

Human beings are social animals whom usually prefer not to live in  physical or   psychological isolation.

Pada soal tersebut, pilihan “whom” merupakan bentuk khusus : kita selalu tanyakan “ini harusnya : “which, who, whom atau whose” . Disamping itu,  kita bisa juga secara spesifik membatasi : “ini harusnya “which apa who“?                           

Contoh Strategi 2.

Kata depan “a” dan “an” termasuk bagian soal yang bisa mendapat prioritas untuk pengecekan

In the early years of the Republic, George Washington proposed the establishment   of  an  university in the nation’s capital.

Bentuk bentuk khusus lainnya misalnya:

  • many atau much
  • to be : tambah V-ing atau V3
  • penggunaan koma secara berturut turut sebagai penanda “paralel structure”
  • Quantifier : many, several, various dll yang harus diikuti benda jamak
  • Despite VS inspite of

Padukan antara apa yang kita pelajari dengan ketrampilan menebak bentuk salahnya. Jadi, hal ini akan mempermudah saat menganalisa soal.

Untuk informasi tentang LB LIA Pusat, silakan klik http://www.lblia.com

Link program TOEFL   https://liayogyakarta.com/kelas-toefl-lia-yogya/ 

Tes TOEFL Online   https://liayogyakarta.com/lia-yogyakarta-online-test/ 

Pertanyaan

Bila ada pertanyaan, silakan kontak via WA  https://wa.me/628175467975

KONTAK KAMI

CS LIA Pandeansari 2 : https://wa.me/6285799900677

CS LIA Pandeansari 1: https://wa.me/6282260862122

APA TIP DAN TRIK TOEFL YANG JITU?

Apa Tip dan Trik TOEFL yang jitu?

Apa Tip dan Trik TOEFL yang jitu kali ini? Kita akan belajar cara memprediksi  bentuk soal salah pada bagian Written Expressions. Artikel mengenai cara pembuatan soal bisa dilihat ada di artikel sebelumnya https://liayogyakarta.com/trick-toefl-structure/

Pada dasarnya, pada soal nomor 16-40 mengujikan bidang tata bahasa tertentu. Jadi, satu soal mengujikan satu bidang tata bahasa. Misal, soal nomor 1 mengujikan “S-V agreement”, soal nomor 2 mengujikan kata depan “a/an”, dst. Kalau kita runut, ada ratusan bidang tata bahasa yang ada. Namun, tentu saja yang masuk bahan tes hanya 25 saja (40 soal-15 soal Part A). Bila kita jeli, kita bisa membuat daftar bidang yang “sering” masuk bahan ujian sehingga dapat mempersempit bahan belajar.

Sebagai tambahan, kita juga harus melatih ketrampilan untuk memprediksi bahan tes tiap soal. Selalu ajukan pertanyaan : ini mengeteskan apa? Pertanyaan seperti ini akan mempertajam intuisi kita. Selanjutnya, kalau kita sudah siap dengan alternatif pilihan bentuk salahnya maka kita dapat mengerjakan soal dengan cepat dan benar. Tentunya, semakin banyak bahan yang bisa kita kuasai, semakin cepat kita mengerjakan soal sehingga sisa waktu bisa  untuk mengerjakan soal yang lebih susah. Intinya, kita harus memperbanyak tabungan agar semakin banyak dan sering otak kita bunyi “cling” waktu membaca sebuah soal.

Contoh:

He is not only a company director of a famous companyand also an inspiring teacher.

Ketika melihat soal tersebut, kita harus dapat melihat bahwa “not only” tidak ada garis bawahnya. Jadi, bagian ini pasti BENAR. Sementara itu, “pasangan sejati “ “not only” adalah “but also”. Jadi, target kita pasti akan ke pilihan “and also”.

Jadi bentuk salah yang sering dipakai untuk menguji “not only” dan “but also”  adalah “and also”. Namun, bisa juga dalam bentuk “also”. Biasanya, “not only” dipakai sebagai kunci.

     Bentuk SALAH

     a hour                      an unique

    a honest man         an university

Contoh 2 :

      Bentuk BENAR

         bigger than           more beautiful than         the biggest/most beautiful

     Bentuk SALAH

        bigger                   more bigger than                 biggest

        big than                 more bigger                         the most biggest

Contoh 3:

Bentuk BENAR : have known

Bentuk SALAH : have know

Bentuk BENAR : inspite of/despite

Bentuk SALAH : inspite/despite of

Contoh 4:

Semoga contoh contoh di atas memberi inspirasi untuk mencari tip dan trik TOEFL yang jitu lainnya.

 Informasi kelas baru https://liayogyakarta.com/les-bahasa-inggris-lia/

Artikel terkait lainnya   https://liayogyakarta.com/tips-toefl-structure/

Tentang LB LIA Pusat http://www.lblia.com

Kontak kami

CS 1 LIA Pandeansarihttps://wa.me/6282260862122

CS  2 LIA Pandeansari  : https://wa.me/6285799900677

APA TRICK TOEFL STRUCTURE?

APA TRICK TOEFL STRUCTURE?

Apa Trick TOEFL Structure kali ini? Trik berikut ini berlaku untuk bagian Written Expressions (No. 16-40).Kita masih berpegang pada pemahaman bahwa agar mampu mengerjakan soal TOEFL, ada baiknya kita melihat bagaimana cara membuat soal TOEFL. Berikut contoh trick toefl structure untuk soal nomor 16-40:

Kita ambil kalimat yang benar dulu :

A  man goes  to a mall with some close friends.

SOAL 1

Kita ambil bagian Kata Kerja sebagai bahan tes. Bagian ini langsung kita buat supaya SALAH (untuk kepraktisan, soal tidak diberi label A, B, C, D)

A man (A)    go to (B)     a mall (C)  with  some close friends (D)                                 

Perhatikan baik baik. Kebanyakan pembaca akan menganggap pilihan B (go to) sebagai pilihan salah. Namun, sebenarnya ada satu kemungkinan bagian yang salah, yaitu A ( A man). Jadi, dalam soal ini ada 2 bagian yang salah. Soal yang baik tidak boleh mengandung 2 bagian yang salah. Jika sebuah bagian kalimat diberi garis bawah, maka bagian tersebut MUNGKIN SALAH. Yang tidak bergaris bawah PASTI BENAR. Jadi, bila “A man” BENAR maka “go to”  yang SALAH. Harusnya “goes to“. Sebaliknya, bila “”go to” BENAR maka “A man” SALAH. Harusnya benda jamak (They, We, You dst). 

Jadi bentuk soal seharusnya

A man     go to (A)     a mall (B)  with(C)  some close friends(D)  

atau

They (A)    goes to      a mall (B)  with (C)  some close friends (D)  

Jadi yang salah A karena kata kunci “goes to” (tidak digarisbawahi) menuntut subyek tunggal

SOAL 2

Kita ambil frase kata benda di Obyek ( a mall). Satu bagian dibiarkan benar (tidak diberi garis bawah) lalu bagian satunya dibuat salah

A man     goes to(A)      an (B)  mall   with(C)  some close friends (D)  

Perhatikan bedanya dengan soal No. 1. Soal No. 1 berkaitan dengan hubungan antara Subyek dan Predikat. Soal No. 2 mempermasalhkan frase kata benda. Jadi tidak berkaitan dengan subyek dan predikat

atau kata depan “a” dibiarkan benar dan “mall” dibuat salah menjadi “malls”

A man     goes to      a   malls   with  some close friends   

SOAL BERIKUTNYA

Silakan membuat soal dari frase “some close friends”. Kita bisa membuat 3 alternatif soal. 

TRICK TOEFL STRUCTURE SELANJUTNYA

  1. Soal no 16-40 mengujikan ekspresi yang bersifat baku berdasarkan aturan tata bahasa Inggris. Aturan tersebut misalnya : S-V agreement, Verb phrase, Noun Pharse, Article, Adejctive Comparison, dst.
  2. Ketika Subyek atau Predikat menjadi pilihan jawaban, maka ketika kita menganalisa Subyek atau Predikat cara yang kita pakai adalah analisa  S-V agreement. Masih ingat khan pelajaran SMA mengenai ketentuan tersebut? Memang, yang paling banyak diujikan adalah S-V agreement di The Simple Present Tense.
  3. Ketika kita menganalisa pilihan baik di frase ” a mall” atau ” some close friends” maka analisa kita tidak ada hubungannya dengan Subyek atau Predikat. Bahan soal tersebut merupakan frase kata benda. Maka, yang menjadi pertimbangan adalah aturan dalam pembentukan frase kata benda.
  4. Banyak materi tes yang dapat dihafalkan. Misalnya bahan seperti : paired conjunction ( both….and), adjective comparison ( happier than)
  5. Selalu perhatikan kata di sebelah KIRI atau KANAN bagian yang diujikan utamanya apabila tidak bergaris bawah. Artinya, bagian tersebut BENAR dan dapat menjadi penentu bagian yang bergaris bawah. (kiri atau kanan tergantung bagaimana aturannya dalam tata bahasa)

Jadi, kurang tepat kalau untuk mengenrjakan bagian ini, kita terlalu banyak mendalami tentang Tenses dan penggunaannya. Tenses memang diujikan tapi skalanya terbatas. Kebanyakan soal mengujikan FORM. Hanya sedikit yang mengujikan MEANING. Apa maksudnya? Ketika soal yang diujikan adalah modality “will” maka yang diujikan adalah kata kerja setelah “will” yaitu V1 atau be. Sangat jarang soal akan mencakup kapan “will” akan digunakan, misalnya untuk menyatakan rencana di masa depan atau keinginan melakukan sesuatu. Semoga Anda dapat memahami bedanya.

Trick TOEFL Structure semacam ini harus diperbanyak sehingga tercipta otomatisasi dengan tujuan menghemat waktu mengerjakan tes dan meningkatkan akurasi.

Untuk informasi tentang EPT online, silakan klik  https://liayogyakarta.com/lia-yogyakarta-online-test/

Informasi tentang beda TOEFL ITP dan iBT,klik https://liayogyakarta.com/5-beda-toefl-itp-dan-ibt/

Link ke LB LIA Pusat http://www.lblia.com

KONTAK KAMI

CS 1 LIA Pandeansarihttps://wa.me/6282260862122

CS  2 LIA Pandeansari  : https://wa.me/6285799900677