Kursus Bahasa Inggris untuk Karyawan

Kursus Bahasa Inggris untuk karyawan? Apa saja yang harus diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan Anda?

kursus bahasa inggris untuk karyawan

Jenis kebutuhan bahasa Inggris

  • Penguasaan bahasa Inggris aktif baik tulis maupun lisan karena pekerjaannya menuntut komunikasi dengan penutur bahasa Inggris. Untuk karyawan yang sudah bekerja lama tentunya sudah tidak masalah. Kemampuan bahasa inggris nya sudah terpupuk oleh kebiasaan berkomunikasi secara langsung sehari hari. Kebutuhan ini mendesak bagi mereka yang bercita cita meraih pekerjaan seperti ini.
  • Penguasaan bahasa Inggris kadang diperlukan dalam lingkup dan situasi yang terbatas, misalnya dalam korespondensi via email, presentasi, seminar/workshop, perjalanan dinas, percakapan via telp/zoom, dan sebagainya. Jadi kebutuhan ini tidak setiap hari ada namun bila ada sangat penting. Jenis kebutuhan ini sangat menantang karena bila tidak dipupuk pada setiap kesempatan yang ada maka kemampuan akan menurun (atau karyawan kehilangan kepercayaan dirinya).
  • Penguasaan bahasa Inggris yang sifatnya insidental biasanya menjadi sebuah beban bagi karyawan. Mengapa? Pada umumnya kemampuan bahasa Inggris tidak dipupuk. Namun, secara tiba tiba kemampuan itu dibutuhkan misalnya untuk syarat promosi jabatan, beasiswa belajar ke luar negeri, penugasan ke kegiatan tertentu dan lain lain.

Jadi, kebutuhan bahasa Inggris bagi karyawan memang menjadi sebuah ambigu. Ada kesadaran bahwa bahasa Inggris diperlukan namun kadang kebutuhannya tidak pasti. Pada akhirnya kemauan belajar sudah tergerus oleh hal hal lain, termasuk faktor usia. Hanya sedikit yang memahami bahwa kemampuan bahasa Inggris (juga bahasa lain) akan menjadi faktor pembeda dalam perjalanan karir seorang karyawan.

Apa yang perlu diperhatikan?

  • Kemampuan menguasai bahasa secara tidak sadar (acquisition) pada orang dewasa berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Jadi kemampuan menyerap bahasa sudah memudar, tidak sebagus saat kita masih anak anak. Jadi yang berlaku untuk orang dewasa adalah “learning”(pembelajaran secara sadar). Memang pengucapan mungkin menjadi kendala karena organ bunti kita sdh terbentuk karena kebiasaan memakai bahasa ibu atau bahasa kedua
  • Modal paling besar adalah kemauan untuk belajar. Dibutuhkan juga sikap untuk tidak takut salah karena pada dasarnya kesalahan merupakan aset untuk belajar pula. Kesalahan tata bahasa harusnya sedikit diabaikan karena kita mengutamakan latihan sebanyak mungkin agar dapat meningkatkan penguasaan bahasa.
  • Kemampuan berkomunikasi secara transaksional dalam bahasa inggris ditandai dengan penggunaan ekspresi ekspresi baku yang diterima dalam pergaulan. Jadi dalam hal ini kita harus menguasai ekspresi yang digunakan dan menggunakannya sesering mungkin. Bila tidak digunakan maka kita akan lupa lagi. Contohnya adalah “How are you?”. Kita ambil satu jawaban baku ” I am fine, thank you”. Ketika pasangan stimulus-respon ini kita kuasai dan terjadi otomatisasi maka kita tidak akan lupa dan siap menggunakannya. Disini kita tidakperlu belajar tata bahasa. Langkahnya hanya dengan menghafal dan melatih sampai menguasai secara otomatis.
  • Kemampuan tata bahasa dibutuhkan untuk mengungkapkan gagasan yang bersifat topikal, biasanya merupakan bagian “isi” dari sebuah dialog. Apakah perlu belajar “tenses”? Tata bahasa berbeda dengan tenses. Kalaupun ada kesalahan kecil dalam tata bahasa (termasuk tenses) namun gagasan dapat ditangkap oleh lawan bicara, itu sudah cukup. Tidak semua orang berkomunikasi dengan tata bahasa yang komplit dan pasti benar…bahkan jika dia adalah penutur asli. Tata bahasa adalah alat untuk mengungkapkan gagasan bukan alat untuk mengukur pemahaman tata bahasa.
  • Adakah “English for Specific Purposes” yang benar benar membatasi jenis bahasa Inggris yang kita pakai? Tentu ada kekhasan dalam tipe bidang tertentu namun semua berdasar pada General English. Maksudnya, ada baiknya menguasai hal itu dan memang kita menggunakan ekspresi dan istilah tertentu di bidang tertentu. Namun, dengan modal bahasa inggris umum sudah cukup memadai. Lagi pula, tentunya kita sendiri yang lebih menguasai karena kita bekerja di bidang tersebut. Tidak perlu takut dengan jenis bahasa Inggris ini.

Kursus bahasa Inggris untuk karyawan? Mengapa tidak?

Kursus bahasa Inggris untuk karyawan dapat bersifat umum yaitu kemampuan berkomunikasi atau yang bersifat khusus seperti kelas untuk persiapan tes (TOEFL/IELTS), ketrampilan presentasi/diskusi. Semua harus dimulai dengan tekat kuat untuk melapangkan karir di masa depan. Apalagi, bila fasilitas belajar sudah disediakan oleh kantor secara gratis. Mau kapan lagi?

Artikel terkait kursus bahasa Inggris untuk karyawan

Kontak Kami

CS LIA Pandeansari 1https://wa.me/6282260862122

CS LIA Pandeansari 2 : https://wa.me/6285799900677